Ruh berasal dari alam arwah dan memerintah dan menggunakan jasad sebagai alatnya. Sedangkan jasad berasal dari alam ciptaan, yang dijadikan dari unsur materi. Tetapi para ahli sufi membedakan ruh dan jiwa. Ruh berasal dari tabiat Ilahi dan cenderung kembali ke asal semula.

Kamis, 17 Januari 2008

Kecerdasan Ruhaniah ( Transcedental Intelligence )

Tidak ada komentar
Ini dia buku pavoritku. Buku karya K.H. Toto Tasmara seorang dai yang sufistik ini dimaksudkan sebagai bahan pembanding atas pemikiran barat tentang kecerdasan spiritual yang bersifat rasional, sekuler, materialistik.

Banyak buku yang berkaitan dengan kecerdasan, baik itu berlabel Intelligence Quotient (IQ), Emotional Intelligence (SQ), ataupun Spiritual Intelligence (SQ). Hanya sayangnya buku-buku tersebut banyak yang dipelopori oleh para penulis barat yang bersifat sekuler dan ditulis dengan pendekatan rasional. Bagi mereka, pemikiran tentang agama, keyakinan adanya surga dan neraka ataupun kehidupan akhirat dianggap sebagai sesuatu yang tidak empiris, diluar otoritas pemikiran ilmiah, dan hanya sebuah ilusi belaka. Bahkan, dengan lantang mereka berkata religion is a poision ‘agama itu racun’!
Karenanya untuk membedakan dengan barat tentang makna spriritual, K.H. Toto Tasmara memakai istilah kecerdasan ruhaniah atau trancendental intelligence (TQ) sebagai upaya untuk menggali pesan-pesan Qur’an dan hadist yang justru kita yakini sebagai sumber pemikiran yang bersifat universal dan sebagai the way of life.
Dari sudut pandang kita sebagai seorang muslim, kecerdasan ruhaniah adalah kecerdasan yang berpusatkan pada rasa cinta yang mendalam kepada Allah Rabbul ‘Alamin dan seluruh ciptaannya.
Jadi, sangat bermanfaat bila saja bisa meluangkan waktu untuk membaca buku ini. 300 halaman, tebel juga ya, tapi…asyik kok. Yakin deh!

Tidak ada komentar :